Perawatan Panel Plastik; Karet dan Chrome pada Mobil

Komponen-komponen pada motor seperti plastik panel Instrumen, semua terbuka terhadap alam sekitar, terkena panas sinar matahari dan juga hujan. Untuk itu perawatan eksra mutlak diperlukan.
Kategori : Perawatan khusus pehobi yang membutuhkan ketelatenan dan cukup memakan waktu.
1. Perawatan Plastik Panel :
Plastik warna hitam / abu-abu tua pada sisi panel meter cluster serta plastik-plastik pada bagian lain motor yang terkena sinar matahari langsung berisiko mengalami degradasi lebih cepat karena radiasi sinar ultraviolet, ditambah juga faktor air hujan. Untuk melindungi plastik-plastik tersebut bisa kita berikan zat protectant seperti misalnya Autoglym Vinyl & Rubber Care (logo kotak kuning) / Optimum Protectant Plus / Armor All / obat-obat lain yang sekelas.

2. Perawatan Plastik Mika Bening pada Speedometer :
Bisa diberikan juga sedikit Protectant seperti poin no. 1, sedikit saja, kemudian lap sampai bening dengan lap Micro Fibre (Apply Zat Protectant-nya dilap Micro Fibre).
Jika plastik mika bening tersebut mulai kusam atau ada baret, maka bisa gunakan Meguiar Clear plastik Cleaner dan Meguiar Clear plastik Polish atau Meguiar PlastX atau obat lain yang memiliki fungsi sama.
Hal ini termasuk jika Motor Anda menggunakan plastik mika bening sebagai "Mini Windshield" yang biasa terpasang di atas lampu depan.

3. Perawatan Aksesoris Chrome :
Untuk aksesoris Chrome bisa menggunakan obat khusus untuk perawatan Metal / Chrome seperti Autoglym Metal Polish / Optimum Metal Polish dan jika ingin diberi sedikit wax untuk perlindungan bisa berikan Collinite Metal Wax no. 850 atau SmartWax - SmartDetail. Apply dengan lap Micro Fibre.

4. Perawatan Komponen Karet :
Bisa gunakan protectant seperti pada poin no. 1.

5. Perawatan Pelek Tipe Metal Finish (warna logam asli) atau Chrome :
Bisa terapkan metode seperti pada poin no. 3.

6. Perawatan Cat :
Perawatan cat motor sama halnya seperti perawatan cat mobil, akan kami bahas di waktu mendatang.

Catatan penting :
Tempat duduk / grip / handle kopling dan rem / injakan kaki jangan diberi protectant karena akan membuatnya menjadi licin.
Heat Sink mesin (mesin Air Cooled) jangan diberi wax, karena permukaan sirip-sirip Heat Sink harus ter-expose total terhadap udara, agar proses pertukaran panas optimal.
Merek-merek obat Protectant atau pembersih yang kami sebut di atas bukanlah untuk tujuan promosi, hal itu semata-mata demi memudahkan pengguna saja.
Terima Kasih
Atas Perhatiannya
Salam Hormat Kami
Roy Zakki Wijaya










0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Loading...

Best Artikel

Powered by Blogger.