Mengenal Peredam Kejut Coil Over

Sering kita mendengar istilah peredam kejut type "Coil Over" yang banyak dijual sebagai komponen aftermarket.

Apa sebenarnya Coil Over itu ?

Coil Over aftermarket atau "Coil Spring Over Strut" sebenarnya memiliki kemiripan dengan sistem MacPherson Strut, dimana pegas berulir terpasang pada body peredam kejut, tetapi pegas yang digunakan pada sistem Coil Over bentuknya lurus serta jumlah ulir lebih banyak untuk menggantikan pegas model "Kerucut atau Sarang lebah" pada sistem MacPherson strut bawaan asli mobil.


Kenapa harus pegas model lurus ?

Tujuan penggunaan pegas model lurus berulir banyak adalah untuk mengurangi gerakan Osilasi Horizontal, jadi ketika mobil dalam posisi diam, saat kita coba mengguncang-guncangkan dari samping maka mobil tidak mudah bergoyang-goyang miring ke kanan dan ke kiri, sehingga saat bermanuver atau menikung di jalanan secara teoritis body roll dapat diminimalisir.

Sistem Coil Over secara teoritis menghasilkan peredaman optimal tanpa beban torsional.

Banyak sistem Coil Over memungkinkan pengguna untuk mengatur ketinggian mobil serta tingkat kekerasan suspensi, dimana posisi dudukkan pegas dapat ditinggikan atau direndahkan, dan pada umumnya sistem Coil Over aftermarket didisain untuk posisi ketinggian mobil yang lebih rendah (lebih ceper).

Pada gambar di atas adalah contoh perbandingan peredam model Strut bawaan asli mobil (MacPherson) dan Coil Over untuk jenis mobil yang sama.
Terima Kasih
Atas Perhatiannya
Salam Hormat Kami
Roy Zakki Wijaya

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Loading...

Best Artikel

Powered by Blogger.