Membuat Suara Car Audio Jernih Kembali dengan Cara Mudah - Bag 2

Pada percobaan yang dilakukan pada sistem car audio dan home audio, proses De-Gaussing dengan CD khusus untuk De-Gaussing / De-Magnetizing membantu menjernihkan kembali reproduksi suara system audio kita.

CD untuk proses De-Gaussing yang kami gunakan adalah keluaran Densen (Densen De-Magic) serta Sheffield MDMS (System Conditioning & DeGaussing CD).

Kedua CD tersebut mengandung track khusus berisi sinyal suara tertentu (bukan musik) yang harus diputar sampai tuntas.

Kedua CD tersebut mengandung track khusus berisi sinyal suara tertentu (bukan musik) yang harus diputar sampai tuntas.

Pada CD Densen panjang track sekitar 3 menit (1 track), sedang pada CD Sheffield MDMS terdiri dari 9 Track dengan total durasi sekitar 7 menit 30 detik. Kita cukup gunakan salah 1 dari CD-CD tersebut, dan hasilnya boleh dikatakan sama baiknya.

Pada system Car audio, CD De-Gaussing tersebut bisa langsung diputar pada CD player atau bisa di-rip ke iPod atau Media player lainnya dengan format *.wav (Non Compressed).


Tata cara proses De-Gaussing :
- Set posisi 'bass' & 'treble' semua ke. 0 (Flat)
- Set 'loudness' ke OFF
- Set posisi 'volume' sedikit di atas volume rata-rata saat kita mendengar musik (agak sedikit besar, tapi jangan kelewat besar)
- Putar CD De-Gaussing sampai tuntas
- Sewaktu proses De-Gaussing, keluarlah dari mobil, tutup pintu dan jendela mobil, karena suara dari track pada CD tersebut. bisa membuat kita pusing (Track dari CD Densen De-Magic suaranya seperti UFO lewat)

Untuk proses De-Gaussing dengan CD Densen De-Magic, setelah proses De-Gaussing selesai biasanya kami putar dulu sebuah lagu untuk Final Conditioning, baru setelahnya kami lakukan uji dengar.

Hasil proses dari salah satu CD tersebut pada system audio yang tidak pernah mengalami De-Gaussing atau sudah lama sekali tidak dilakukan De-Gaussing, memang terasa perbedaannya, dimana suara tinggi lebih 'Airy' serta Bass yang lebih Deep.
Terima Kasih
Atas Perhatiannya
Salam Hormat Kami
Roy Zakki Wijaya

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Loading...

Best Artikel

Powered by Blogger.