Jika Mengganti 2 Ban Mobil Saja

Mengganti ke empat ban yang sudah aus / botak adalah suatu keharusan demi keselamatan berkendara.

Tetapi bila kondisi keuangan sedang mepet atau kondisi 2 ban di mobil masih bagus, maka Anda bisa mengganti 2 ban terlebih dahulu. Tetapi masalahnya 2 ban baru tersebut harus dipasang di bagian depan atau belakang mobil ??

Peletakan 2 ban baru ini yang sering menimbulkan tanda tanya.

Penyelidikan oleh pabrik ban Michelin membuktikan bahwa 2 ban baru harus dipasang di bagian belakang mobil.

Mengapa ?

Jika kita menempatkan 2 ban baru pada bagian depan mobil dan membiarkan roda belakang dengan ban yang sudah aus / botak, maka pada saat melewati jalanan basah bagian belakang mobil akan mengalami "Aquaplaning" alias ban tidak dapat menapak ke aspal, alhasil bagian belakang mobil menjadi tidak terkontrol dan mobil bisa melintir.

Sedangkan jika menempatkan 2 ban baru pada bagian belakang dengan ban depan yang sudah agak aus, saat melewati jalan basah gejala Aquaplaning pada ban depan segera terasa di setir dan kita lebih bisa mengontrol mobil.

So, jika rekan-rekan hanya membeli 2 ban baru, pasanglah 2 ban baru tersebut pada bagian belakang mobil. Hal ini berlaku baik pada mobil penggerak roda depan, penggerak roda belakang, maupun kendaraan 4x4.

Tetapi bagaimanapun juga mengganti ke 4 ban yang telah aus adalah tetap yang kami sarankan, demi keselamatan berkendara rekan-rekan
Terima Kasih
Atas Perhatiannya
Salam Hormat Kami
Roy Zakki Wijaya

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Loading...

Best Artikel

Powered by Blogger.