Cermati Temperatur Mobil yang Cepat Naik

Temperatur tinggi adalah hal yang lumrah bagi kendaraan yang digunakan cukup lama, akan tetapi kalau kenaikan suhu terjadi secara cepat, padahal kendaraan baru dipakai untuk menempuh jarak yang singkat. Anda wajib memperhatikan masalah pendinginan, dalam hal ini adalah pada radiator, terutama pada sistem sirkulasi air pendingin yang berfungsi untuk menjaga suhu kerja mesin. Untuk itu cermati beberapa titik dibawah ini yang mungkin menjadi permasalahannya:

1. Tutup radiator, cek kondisi karet. Jika sudah getas maka segera harus diganti, karena jika kondisi tutup radiator tidak baik akan dapat menyebabkan kebocoran air radiator yang akan berdampak pada peningkatan suhu mesin.

2. Kebocoran radiator, perhatikan kebocoran-kebocoran kecil yang terjadi, hal tersebut bisa diketahui pada saat mesin dalam kondisi yang cukup panas. Untuk memastikan kebocoran, dapat diperhatikan jejak-jejak kebocoran berupa aliran karat yang mengering pada bagian yang bocor.

3. Penyumbatan karat di saluran radiator, hal ini bisa terjadi karena radiator tidak pernah dirawat dengan baik. misalnya dengan pengurasan berkala dan penggunaan air pendingan yang mengandung sifat anti-korosif.

4. Perhatikan kinerja kipas radiator, untuk yang berpenggerak mekanis, pastikan tali kipas bekerja dengan baik. Sementara untuk yang menggunakan electric fan sebagai penggerak, pastikan switch dan motor fan dapat bekerja dengan baik sesuai dengan peningkatan suhu mesin yang terjadi.
Terima Kasih
Atas Perhatiannya
Salam Hormat Kami
Roy Zakki Wijaya

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Loading...

Best Artikel

Powered by Blogger.