Bagaimana Cara Mudah Mengganti Sekring Mobil

Fungsi Sekring sangat vital sekali. Ukurannya sangat kecil, namun jika tidak ada Sekering bisa mengganggu kelistrikan mobil Anda tentunya bisa berakibat ketidaknyamanan saat berkendar. Walau jarang sekring mati tapi bisa dibuat repot olehnya. Maka perlunya kita sedikit dan memahami Sekering mobil Anda.
Banyak beberapa orang kurang memahami sistem kerja Sekering Mobil dan fungsi-nya apalagi kalo putus bingung mau ngapain.
Banyak orang pun tidak tau cara menggantinya ? Silahkan simak tutorialnya berikut :.
Sekring yang bentuknya kecil ini sangatlah sensitif. Fungsi Sekering tersebut menjaga listrik agar tidak melebihi kebutuhan-nya. Jika suplai listrik berlebihan, maka bisa menyebabkan terbakar dan membuat aliran listrik terputus. Pengen tau letaknya berada di bawah dasbor dekat pengemudi biasanya dibawah kemudi setir, tapi ada juga letaknya di ruang mesin.
Beberapa sekring punya nilai arus yang berbeda-beda sesuai kebutuhan. Bila kadar arus yang melewatinya masih dalam batas ambang batas, maka tugas sekring hanya meneruskan tanpa hambatan sama sekali. Namun, ketika ada hubungan arus listrik pendek (korslet atau kongslet) atau muatan arus berlebihan, maka sikring rusak atau putus dalam sekejap.
Bentuk Sekering beragam. Kalo dulu namanya cartridge (namanya kaya cartride printer ya hehehe...) atau dengan sebutan sekring batu. Namun, sekring berbahan keramik ini tak lagi dipakai pada mobil-mobil modern seperti sekarang. Kemudian, sesudah-nya muncul bentuk model glass yang bagian tengahnya menggunakan tabung kaca sehingga mudah terlihat kalau sedang putus Sekeringnya. Model Sekering tersebut dipakai pada mobil 1980-an.
Dengan inovasi dan perkembangan teknologi terbaru di-kelistrikan, muncul-lah jenis sekring blade model yang terakhir, yang sulit dibongkar. Sekering model ini dipakai pada mobil-mobil modern seperti sekarang. Bentuknya pipih dan menghemat tempat, dan dimensinya bertambah mungil. Menariknya, kapasitas sekring blade mudah diketahui dari warnanya.
Untuk amannya jalur listrik yang besar, ada tiga jenis sekring yang digunakan, yaitu :
Sekering tabung besar, pelat, dan kotak. Dari ketiga itu, yang pelat agak rumit karena kedua kutubnya harus diikat dengan baut. Sementara itu, yang kotak sama dengan blade, tinggal tancap.
Sekarang,... Apa yang Anda lakukan bila sekring putus?
Ganti saja dengan sekring cadangan yang memiliki ampere yang sama.
Bila tidak ada cadangan yang ampere sama, ambil dari sekring lain yang tidak begitu penting digunakan saat itu. Misalnya, bila putus siang hari, ambil dari lampu, lighter, atau central lock sambil menuju ke toko suku cadang untuk membeli yang baru.
Misalnya tidak ada ampere yang sama, bisa gunakan arus yang lebih kecil. sebaliknya, hindari pakai ampere lebih besar yang berpotensi merusak komponen lain atau menimbulkan kebakaran.
Saat mengganti sekring, mesin mobil dalam keadaan mati.
Tips termudah Cara mengganti sikering Mobil Anda.
Terima Kasih
Atas Perhatiannya
Salam Hormat Kami
Roy Zakki Wijaya






0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Loading...

Best Artikel

Powered by Blogger.