Penyebab Getaran Mesin Terasa Ke Kabin

Mesin mobil yang menyala pastinya memang menimbulkan getaran pada mobil, tapi jika getaran yang dihasilkan oleh mesin sudah terasa hingga ke dalam kabin tentunya dapat mengganggu kenyamanan saat berkendara, bahkan dapat membuat hingga kepala pening karena getarannya menimbulkan suara dengung yang tidak enak. Hal seperti ini biasanya terjadi pada saat putaran mesin rendah dan besar kemungkinan mulai dirasakan pada mobil yang umurnya sudah diatas 10 tahun. Mungkin SO mania termasuk salah satu pemilik mobil yang merasakan dan mengeluhkan hal ini.

Terjadinya getaran mesin mobil yang terlalu besar hingga dirasakan sampai ke dalam kabin dapat disebabkan beberapa hal, yaitu akibat :


  • Settingan mesin tidak tepat : Settingan mesin jelas sangat berpengaruh terhadap kinerja mesin, oleh karena itu settingan atau setelan mesin mobil, mulai dari timing pengapian, stasioner, katup haruslah dilakukan dengan tepat dan akurat. Karena jika tidak akurat dapat membuat putaran mesin berjalan tidak stabil yang ditandai dengan naik turunnya jarum RPM sehingga tidak dapat langsam. Jika hal ini terjadi otomatis getaran mesin akan terasa lebih besar.
  • Busi rusak dan suplai bensin tidak lancar : Busi yang sudah rusak dapat mengakibatkan pengapian tidak sempurna ataupun pincang dan suplai bensin yang tidak lancar juga menyebabkan mesin tersendat sendat, akibat dari kedua hal ini getaran mesin juga menjadi lebih besar.
  • Kampas kopling dan silinder mesin mulai aus : Kampas kopling yang aus menyebabkan penyaluran tenaga mesin tidak maksimal karena terjadi kopling selip. Akibat dari ini getaran pada girbox menjadi lebih besar dan membuat getaran mesin yang sangat besar hingga ke dalam kabin. Selain kopling, silinder atau piston yang mulai aus juga membuat mesin tidak bertenaga dan bergetar akibat piston yang sudah goyang.
  • Mounting mesin dan bantalannya bermasalah : Hal ini yang paling banyak menyebabkan getaran mesin mobil terasa hingga ke dalam kabin. Karena fungsinya dalam meredam getaran mesin agar tidak masuk ke kabin sangat besar. Umumnya getaran mesin yang masuk ke kabin terjadi dikarenakan baut mounting mesin ke sasis kendur atau bantalannya yang terbuat dari karet sudah pecah ataupun getas, sehingga guncangan dari mesin yang menyala tidak terkontrol teredam dengan baik.
Jadi, untuk mengatasi masalah getaran mesin yang terasa hingga kekabin, SO mania harus segera memeriksa bagian-bagian yang dapat menjadi penyebabnya, setelah mengetahui apa penyebabnya segera perbaiki atau mengganti komponen yang rusak atau memang sudah saatnya harus diganti. Tune Up mesin mobil secara teratur juga ampuh untuk menghindari terjadinya getaran mesin yang berlebih akibat kerusakan komponen mesin. Sebagai tambahan untuk meredam bising suara mesin, SO mania juga dapat menambahkan peredam tambahan khusus mobil yang biasanya terbuat dari bahan aspalt.

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Loading...

Best Artikel

Powered by Blogger.