Bila Tenaga Mesin Terasa Lemah dan Loyo

cara bersihkan saringan udara
Performa mobil turun, jangan keburu panik. Salah satu penyebabnya, mungkin kondisi internal mesin sudah kotor dengan timbunan kerak pada ruang mesin akibat rendahnya kualitas bahan bakar. "Akibat kualiatas BBM yang rendah membuat proses pembakaran jadi tidak optimal,"
Mengilangkan kotoran atau kerak di dalam mesin dapat dilakukan sendiri menggunakan cairan seperti carbon cleaner. Agar kondisi internal mesin tetap terjaga, sebaiknya setiap 10-20 ribu km dibersihkan dengan cairan pembersih.

Kalau Anda punya waktu dan ingin melakukannya, ikuti langkah-langkah ini


  1. Carbon cleaner tersedia di toko-toko aksesori dan beragam merek 
  2. Mesin dalam keadaan dingin, hidupkan sekitar 10 menit agar suhu meningkat. Saat ingin menyemprot cairan pembersih, pastikan suhu udara tidak terlalu panas.  
  3. Saringan udara dilepas sekalian dibersihkan dengan disemprotkan pakai angin dari kompresor atau dicuci. Kemudian buka busi, juga dibersihkan pakai sikat kawat halus.  
  4. Semprotkan cairan carbon cleaner ke mulut intake udara dan lubang busi secara merata. Lalu diamkan 10 menit agar kotoran dapat lepas dengan sendirinya. jika sudah cukup, pasang kembali busi. Cara lain, "Bisa dengan menstarter mobil saat busi belum terpasang, maka kotoran akan ke luar dan tinggal dilap dengan kain bersih,  
  5. Setelah busi terpasang, nyalakan mesin. Jangan kaget atau panik jika hidupnya agak susah atau mesin lama baru mau hidup. Jika sudah hidup tekan pedal gas antara 4.000-5.000 rpm, dari ujung knalpot keluar asap putih.  
  6. Saat mesin hidup, semprotkan cairan pembersih pada mulut intake agar dapat membersihkan lebih sempurna. Saat menyemprot cairan jangan sampai mesin mati, jadi putaran mesin dinaikkan. 
  7. Pastikan asap putih dari ujung knalpot hilang, setelah itu baru pasang kembali saringan udara. 
  8. Disarankan untuk dibawa jalan untuk mencoba khasiatnya. 

Sumber : otomotif.kompas.com/tipsntrik


NB: Bila anda tidak memiliki waktu untuk mengerjakannya kami siap membantu dengan melakukan SERVICE ke rumah anda/kantor anda

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Loading...

Best Artikel

Powered by Blogger.