Bikin Mobil Mu Siap Hadapi Genangan Air

Keselamatan selalu menjadi prioritas utama dalam berkendara. Apalagi saat curah hujan tinggi seperti sat ini. Berikut ini beberapa tips berkendara untuk mengantisipasi banjir:

Wiper
karet yang sudah mati tidak dapat membersihkan air yang megalir pada kaca depan (windshield). Demi keamanan, jangan ragu untuk menggantinya. Harganya tidak seberapa, antara Rp 20.000 - 75.000 perbuah (tergantung tipe dan merk).

Headlamp dan Lampu lainnya
Periksa kembali fungsionalitas lampu-lampu mobil anda. Bila ada yang mati segera dibetulkan. Hujan deras sering kali memaksa kita untuk menyalakan lampu Hazard agar tidak tertabrak pengendara lain.

Ban
Kondisi jalan yang basah membuat jalan menjadi licin. Ban mobil yang sudah gundul dapat membahayakan keselamatan seisi mobil. Anda dapat Mengenali Kebotakan Ban dengan mudah melalui Tyre Wear Indicator (TWI). Selain itu, usia ban juga menentukan daya cengram karet ban. Batasnya adalah 5 tahun.
Karet-karet di mobil
Periksa karet-karet di bagian exterior mobil. Karet tersebut berfungsi menahan udara dan air keluar masuk semaunya. Sering kali karet tidak terpasang dengan rapih, atau bergeser karena tersenggol penumpang. Kembalikan pada posisinya, atau ganti bila memang sudah rusak.

Lepas open filter & Cold air intake
Open filter & Cold air intake berfungsi untuk mensupply udara dingin kedalam mesin agar performa mesin meningkat. Namun juga memudahkan air untuk ikutan masuk. Jadi sebaiknya dicopot saja dulu. Cari aman daripada harus turun mesin.
Fuse / Sikring Cadangan
Kelistrikan mobil diamankan dengna penggunaan Fuse/Sikring. Untuk menajga kemungkinan kelistrikan mati, terutama lamu dan wiper, ada baiknya anda membawa sekiring cadangan. Perhatikan model dan kapasitas sikring yang dibutuhkan.

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Loading...

Best Artikel

Powered by Blogger.