Perjalanan Honda Fit Selama 10 Tahun


Pada tahun 2011 ini, Honda Fit menandai 10 tahunnya perjalanannya. Honda Fit pertama kali diperkenalkan di Jepang pada bulan Juni 2001. Khusus, untuk edisi 10 tahun Honda Fit, Honda Motor mengeluarkan dua pilihan warna baru untuk Honda Fit tipe 1.3 G yaitu warna merah muda (pink) dan Honda Fit tipe RS yaitu warna kuning di Jepang.

Honda Fit atau yang lebih dikenal dengan nama Honda Jazz di Indonesia adalah sebuah mobil compact hatchback 5 pintu yang fenomenal. Pada tahun 2002 Honda Motor Co., Ltd memutuskan untuk memproduksinya secara global. Di Indonesia sendiri, Honda Jazz mulai diproduksi pada tahun 2004.

Kehadiran Honda Fit pada awal dekade 2000 diterima dengan baik di Jepang. Honda Fit merupakan mobil compact hatchback yang menggabungkan antara performa mesin yang handal di kelasnya serta tingkat konsumsi bahan bakar yang rendah. Selain itu, Honda Fit juga merupakan mobil compact hatchback dengan tingkat keselamatan tertinggi di kelasnya. Honda Fit telah meraih Japan New Car Assessment Program dan meraih rating maksimal; 6 bintang untuk Driver Seat serta Passenger Seat nya. Rating ini merupakan hasil tertinggi yang pernah dicapai oleh sebuah mobil compact hatchback di kelasnya. Selain itu, Honda Fit juga telah melalui tes uji tabrak menyeluruh di fasilitas Honda Motor-Real World Crash Test di Tochigi, Jepang.

Sejak diluncurkan, Honda Fit hanya membutuhkan sekitar 6 bulan untuk menjadi best-selling model di Jepang. Di akhir tahun 2001, generasi pertama dari Honda Fit berhasil menyabet gelar Japan Car of the Year (JCOTY) tahun 2001-2002. Prestasi ini kemudian diulangi lagi pada tahun 2007, dimana bentuk Full Model Change (FMC) dari generasi kedua Honda Fit berhasil meraih gelar Japan Car of the Year (JCOTY) 2007-2008. Generasi kedua Honda Fit tersebut juga dikenal dengan nama All New Jazz di Indonesia.

Honda Fit (Jazz) juga telah menerima lebih dari 70 penghargaan di berbagai negara di berbagai belahan dunia. Sementara di Indonesia, pengakuan atas keunggulan Honda Fit (Jazz) juga terlihat dari sebanyak 55 penghargaan bergengsi yang diraih di Indonesia, termasuk untuk kategori Car of the Year, Best Fuel Consumption, Best Brand, Customer Satisfaction, hingga Reader’s Favorite.

Dari segi penjualan, Honda Fit telah mencatatkan penjualan domestiknya lebih dari 1,5 juta unit di Jepang pada tahun 2010. Sementara untuk penjualan kumulatif (global) nya termasuk Honda Jazz telah terjual lebih dari 3,5 juta unit di seluruh dunia pada tahun 2010. Angka tersebut menjadikan Honda Fit (Jazz) sebagai mobil compact hatchback terlaris di dunia. Saat ini, Honda Fit (Jazz) telah dipasarkan di 115 negara di seluruh dunia dan juga diproduksi di 10 pabrik yang tersebar di 8 negara, termasuk salah satunya di Indonesia.

Dalam perkembangannya, Honda Fit meluncurkan jenis mobil small sedan yang diberi nama Fit Aria pada tahun 2003 di Jepang. Honda Fit Aria atau yang lebih dikenal dengan nama Honda City) menggabungkan konsep antara compact hatchback dan juga small sedan. Pada tahun 2010, Honda meluncurkan Fit Hybrid yang merupakan paduan antara mobil compact hatchback bertenaga hybrid pertama dari Honda. Pada awal tahun 2011 ini Honda Fit (Jazz) Hybrid diluncurkan di benua Eropa.

Pada pertengahan tahun 2011, Honda Fit kembali menambah line up nya dengan merilis Honda Fit Shuttle disertai dengan Honda Fit Shuttle versi Hybrid. Honda Fit Shuttle adalah penggabungan antara mobil compact hatchback dan juga MPV (Multi Purpose Vehicle). Honda Fit Shuttle baru dijual di Jepang saat ini.

Honda kini sedang mengembangkan mobil konsep terbaru dari Honda Fit  yaitu Fit EV, sebuah mobil compact hatchback yang bertenaga listrik dan plug in hybrid. Honda Fit EV Concept sendiri pertama kali diperkenalkan di Los Angeles Auto Show, bulan November 2010. Pada tahun 2011 ini, Honda Fit EV Concept ini juga diperkenalkan pada ajang Geneva Motor Show (Maret 2011), Indonesian International Motor Show (Juli 2011), dan Frankfurt Motor Show (September 2011). Rencananya Honda Fit EV akan dirilis pada akhir tahun 2012.

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Loading...

Best Artikel

Powered by Blogger.