Perbandingan Nuansa Tantangan 3 MPV yang Luar Biasa


komparasi honda freed livina innova
NISSAN GRAND LIVINA DAN TOYOTA KIJANG INNOVA MERUPAKAN DUA BUAH MPV YANG MEMILIKI SEGMETASI PASAR BERBEDA. HONDA FREED HADIR DI ANTARANYA
Honda Freed hadir dengan   mengusung konsep baru. Memiliki dimensi lebih kecil dari Nissan Grand Livina, namun dipasarkan dengan harga setara Toyota Kijang Innova G. Freed hadir dengan kapasitas dapur pacu hanya 1.500 cc i-VTEC atau sama dengan Honda Jazz.
Karena itulah, kami tergelitik untuk membandingkannya dengan kedua MPV laris di Tanah Air ini. Auto Bild memilih Grand Livina 1.8 Ultimate A/T yang merupakan trim termewah yang dimiliki Compact MPV Nissan ini dan Toyota Kijang Innova G captain seat. Keduanya menggunakan transmisi jenis otomatis yang merupakan pilihan mayoritas konsumen saat ini.
Dengan harga di kisaran Rp 250 jutaan, kedua mobil ini akan menjadi kompetitor terkuat Honda Freed di pasar Indonesia. Konsumen tentu akan memilih satu diantara tiga MPV ini. Mampukah Honda menggoyang pasar MPV di Tanah Air dengan mesin 1.500cc-nya?

Desain
KONSEP desain Honda Freed mengambil bentuk segitiga untuk bagian depan mobil dan kotak untuk bodinya. Hal ini membuat aliran angin menjadi lebih lancar. Dengan lantai datar kabin Freed menjadi yang terluas. Plus posisi duduk beringkat, sehingga seluruh penumpang memiliki visibilitas yang cukup baik.
Sedangkan Nissan Grand Livina mempunyai desain unik, dimana seolah terlihat besar, namun kenyataannya dimensi Grand Livina lebih kecil dari Innova. Dan desain atap melengkung, merupakan inovasi Nissan untuk penerapan single blower tanpa mengorbankan penumpang di bangku baris ketiga.
Dari sisi dimensi, Kijang Innova jelas lebih panjang dari ketiga mobil ini dengan 4.580 mm, sementara 4.420 mm untuk Grand Livina dan 4.215 mm untuk Freed. Walaupun Honda Freed paling pendek, namun wheelbase-nya. tidak terpaut jauh dari Kijang Innova, yakni 2.750 mm berbanding 2740 mm.
Penilaian
Honda Freed *****
Toyota Kijang Innova ***
Nissan Grand Livina *****

Handling
BERBICARA pengendalian, Honda tetap menjadi pemimpinnya. Akurasi keniudi dengan feedback yang baik, belum mampu disaingi oleh kedua kompetitornya. Meski menggunakan ban serupa dengan milik Grand Livina - Dunlop SP Sport 185/65 R15 - kelenturan dinding ban terkompensasi oleh tepatnya setting suspensi.
Tak ayal, hal ini membuat Freed begitu mengasyikkan dikendarai. Meski dengan wheelbase paling panjang -2.740 mm - gejala oversteer minim terjadi. Hal berbeda dengan Grand Livina yang cenderung mudah oversteer saat bermanuver zig-zag. Sedangkan Innova lebih menawarkan rasa mengemudi moderat.
Penilaian 
Honda freed *****
Toyota Kiiang Innova ***
Nissan Grandliuina ****

Kenyamanan
DALAM hal kenyamanan, Nissan Grand Livina menjadi yang terbaik di antara ketiga MPV. Platform Renault, membuat rasa suspensi khas Eropa begitu kental terasa. Demikian pula dengan posisi mengemudi dan penerapan AC single blower yang mampu membuat kabin sejuk merata.
Berbanding terbalik dengan Honda. Dimana posisi mengemudi khas Honda tidak hadir pada Freed. Begitu pula dengan bantingan suspensi yang tidak lebih lembut dari MPV Nissan. Meski wheelbase Honda Freed lebih panjang, namun hal ini lebih diperuntukkan bagi pengendalian optimal sehingga pihak Honda membuatnya menjadi sedikit keras. Apalagi, Honda perlu menaikan ground clearance setinggi 10 mm dari Freed versi Jepang menjadi 160 mm.
Sedangkan Innova memiliki busa jok yang cukup lembut dan kabin paling lapang ketimbang rivalnya. Dengan captain seat dan AC double blower, menjamin kesejukan di seluruh baris bangku. Bantingan suspensi pun tidak menjadi yang terlembut namun sulit untuk dikatakan cukup keras.
Penilaian
Honda Freed ****
Toyota Kijang Innova ****
Nissan Grand Livina *****

Mesin
KETIGA kontestan ini memiliki rentang mesin yang berbeda-beda. Honda Freed sebagai pendatang baru di ranah otomotif Indonesia mengusung mesin yang sama dengan Honda Jazz berkapasitas 1.499 cc 4 silinder i-VTEC. Tapi pihak Honda mengubah program komputernya sehingga dapur pacu Freed memiliki tenaga puncak yang lebih rendah dari Jazz yang mampu mencapai 120 dk, tapi torsi maksimum mengalami peningkatan.
Tercatat, Freed mampu menghasilkan output tenaga sebesar 116 dk pada 6.600 rpm dan torsi 146 Nm pada 4.800 rpm. Tapi bila dibandingkan dengan Toyota Kijang Innova 2.0 G A/T atau Nissan Grand Livina 1.8L Ultimate A/T, seolah Freed memang tertinggal jauh.
Kijang Innova memiliki mesin 1.998 cc 4 silinder segaris 16 katup VVT-i dan menghasilkan tenaga sebesar 134 dk pada 5.600 rpm dengan torsi 182 Nm/4.000 rpm. Lebih tinggi dari Freed, dimana torsi maksimumnya didapat pada putaran mesin yang sedikit lebih tinggi.
Hal ini sama dengan Grand Livina Ultimate dimana torsi maksimum nya di-raih pada 4.800 rpm dengan output 173 Nm dan tenaga mesin 1.798 cc-nya adalah 124 dk pada 5.200 rpm.
Perlu dicatat bahwa Honda Freed telah mampu mengusung standar emisi gas buang Euro 4 yang paling hemat bahan bakar bensin, sementara rivalnya masih berkutat pada level Euro2 atau sesuai dengan standar emisi di Indonesia;.
Penilaian
Honda Freed ***
Toyota Kijang Innova ****
Nissan Grand Livina *****

Akomodasi
KETIGA kontestan ini mampu mengakomodasi 7 penumpang. Tapi Honda Freed dan Toyota Kijang Innova menerapkan komposisi 2-2-3, lantaran kedua mobil ini menggunakan bangku model captain seat pada baris kedua. Sedangkan Grand Livina memilih komposisi 2-3-2.
Pelipatan bangku ketiga pada Honda Freed dan Kijang Innova dilipat ke samping atas. Hal ini membuat ketegakan bangku baris kedua sedikit terbatas, terutama ketika posisi bangku dimundurkan maksimal. Tapi Honda memiliki lantai yang cukup rendah dan rata, sehingga proses bongkar muat barang menjadi lebih mudah.
Berbeda dengan Grand Livina yang memilih pelipatan bangku ke bawah. Lantai rata tetap tercipta namun rendahnya atap membuat barang dengan bentuk yang cukup tinggi menjadi kesulitan paada Grand Livina.
Duduk di bangku ketiga pada Innova lebih nyaman dari Freed dan Grand Livina, walaupun bangku kedua pada Freed dapat dimajukan agar penumpang belakang mendapat sedikit ruang ekstra.
Sebagai varian tertinggi Nissan Grand Livina 1.8 Ultimate A/T memiliki bangku kulit dan interior lebih luks. Sementara Toyota Innova G memiliki pilihan captain seat untuk kenyamanan. Honda Freed menerapkan Open Cafe Interior, dimana penumpang dengan leluasa dapat berpindah dari bangku penumpang depan ke bangku kedua atau bahkan berpindah ke bangku ketiga dengan mudah cukup dari dalam kabin.
Penilaian
Honda Freed *****
Toyota Kiiang Innova *****
Nissan Grand Livina ***

Fitur
HONDA Freed memiliki fitur yang belum terdapat pada mobil-mobil di kelasnya. Power slide door pada Freed sangat memudahkan keluar masuk penumpang, baik untuk baris kedua maupun baris ketiga. Dan tentunya memudahkan pada saat parkir di area yang sempit, Freed tidak akan mengalami kesulitan bagi penumpang untuk keluar-masuk mobil. Sementara Innova dan Grand Livina masih menggunakan pintu konvensional.
Kemudahan saat parkir tersedia pada Grand Livina dan Innova dengan adanya sensor parkir, sementara Freed tidak diimbuhi fitur tersebut. Dari segi fitur keselamatan, baik Freed maupun Innova memiliki air-bag untuk pengemudi dan penumpang, namun Grand Livina hanya ditempatkan untuk pengemudi. Fitur keselamatan lain yang dibenamkan pada masing-masing mobil ini adalah ABS, EBD dan Brake Assist.
Penilaian 
Honda Freed *****
Toyota Kijang Innova ****
Nissan Grand Livina **

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Loading...

Best Artikel

Powered by Blogger.