Berikan Perhatian Pada Ban Cadangan Anda

perhatian pada ban cadanganBAN - Cadangan memiliki peranan yang sangat vital bagi sebuah kendaraan. Karena, ketika terjadi masalah pada satu ban kendaraan kita, maka ban cadanganlah yang bisa mengatasi masalah tersebut.

Namun banyak pemilik kendaraan yang kurang memperhatikan kondisi ban cadangan. Karena letaknya yang sering berada di kolong mobil, ban ini kurang mendapat perhatian. Padahal, jika kondisi ban cadangan tidak prima, bisa-bisa, ketika ada satu ban yang mengalami masalah, misalnya bocor, pecah atau terlalu gundul, maka tanpa ban cadangan akan menjadi masalah baru yang lebih besar.

Oleh karena itu hendaknya ban cadangan juga mendapat perhatian yang sama dengan empat ban lainnya. Misalnya cek kondisi kembang ban, apakah masih baik atau lebih baik dari empat ban lain yang digunakan. Hal ini penting sebab ketika satu ban kondisinya sudah terlalu gundul, maka harus diganti dengan ban cadangan yang kembangnya lebih baik dari pada ban yang hendak diganti.

Kemudian selalu pastikan tekanan ban cadangan sama dengan ban lainnya yang sesuai anjuran pihak pabrik. Keterangan tentang ukuran ban, biasanya ada pada buku manual kendaraan anda. Jika buku tersebut sudah hilang atau rusak, carilah referensi di internet. Selalu periksa jangan sampai ban tersebut bocor atau robek.

Hal lain yang tak kalah penting dalam memperlakukan ban cadangan adalah dengan merotasi ban secara berkala setiap 10.000 km atau setidaknya enam bulan sekali. Melakukan rotasi ini agar keausan permukaan tiap ban bisa sama, yang efeknya bisa memperpanjang umur ban itu sendiri.

Honda Semarang Center memberikan langkah-langkah rotasi ban yang baik berikut ini.

  • Pertama Ban depan kiri, dipindah ke ban belakang kanan. Ban belakang kanan, dipindah ke ban depan kanan. Ban depan kanan kini menjadi ban belakang kiri. Sedangkan ban belakang kiri disimpan dulu sebagai ban cadangan. Nah, ban cadangan yang tadinya tidak "bertugas", kini menggantikan posisi ban depan kiri. Begitu seterusnya.


0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Loading...

Best Artikel

Powered by Blogger.