Beberapa Kegiatan Yang Sangat Dilarang Disaat Mengemudi

tindakan yang dilarang disaat mengemudi
Selama mengendarai kendaraan dibutuhkan konsentrasi yang tinggi. Jika konsentrasi terpecah sedetik saja, maka akan beresiko menimbulkan kecelakaan.

Ketika berkendara, tidak pernah mengetahui apa yang akan terjadi pada detik berikutnya. Karena itulah dibutuhkan konsentrasi penuh untuk menghindari hal-hal darurat yang mungkin terjadi.

Berikut hal-hal yang amat dilarang dilakukan ketika mengemudi :

1. Menggunakan telepon selama berkendara
Lupakan handsfree yang dengan segala macam teknologinya, seperti bluetooth, atau bahkan yang mampu terintegrasi dengan audio sistem mobil Anda sekalipun. Sebab, bukan masalah repot atau tidaknya kedua tangan Anda ketika menelepon sambil mengemudi, namun konsentrasi yang terbagi dua.

Penelitian internasional mengungkapkan, mengemudi sambil menggunakan telepon, termasuk SMS, menyumbang satu dari empat kecelakaan lalu lintas yang terjadi. Bahkan menggunakan telepon dianggap lebih berbahaya dari pada pengaruh alkohol ketika mengemudi. Karena otak dipaksa berpikir hal penting lainnya dari topik pembicaraan yang dilakukan di telepon, sehingga konsentrasi pengemudi terpecah.

2. Menonton saat mengemudi
Saat ini banyak sekali audio mobil yang sudah dilengkapi televisi atau video. Tujuannya memang bagus, yakni menghibur pengendara selama dalam perjalanan, apalagi jika rute yang ditempuh cukup memakan waktu. Namun sebaiknya hindari menonton televisi atau video bagi Anda yang mengemudikan mobil.

Sebab hal ini sama efeknya dengan aktifitas menelepon ketika berkendara. Kalaupun ingin tetap mempertahankan fasilitas hiburan ini, cukuplah bagi kursi penumpang saja yang dilengkapi layar video, bukan diletakkan di dashboard yang bisa memungkinkan dilihat juga oleh pengemudi.

3. Mengganti saluran radio, kaset, atau CD ketika mengemudi
Cukuplah dengan hiburan di mobil untuk pengemudi berupa audio. Namun ini juga perlu diingat, jangan mengganti saluran gelombang radio, kaset, CD atau melakukan seting suara audio sistem mobil Anda saat mengendarai, apalagi pada kecepatan yang tinggi.

Jika ingin mengganti CD, berhentilah sejenak. Karena dengan Anda mengambil Kaset, CD, ataupun gelombang radio yang Anda inginkan, maka perhatian Anda akan tertuju pada benda-benda itu, buka pada kondisi dan situasi jalan. Yang akhirnya akan sangat menimbulkan risiko kecelakaan.

4. Minum atau makan
Jika perut terasa lapar atau haus, sebaiknya menepi, karena konsentrasi akan terpecah jika Anda melakukan aktifitas ini ketika mengemudi kendaraan.

5. Merokok
Selain bahayanya bagi kesehatan, merokok juga bisa memecah konsentrasi saat mengemudi. Sebaiknya lakukan hal ini ketika berhenti atau beristirahat. Bara api rokok yang tertiup angin dan masuk ke dalam kabin mobil juga bisa memicu terjadinya kebakaran, karena interior mobil rata-rata menggunakan bahan yang mudah terbakar.

6. Terlibat topik pembicaraan yang berat
Mengemudi, apabila ditemani seseorang memang menyenangkan. Ada teman yang bisa diajak berbicara selama dalam perjalanan. Namun hendaknya topik pembicaraan yang diangkat janganlah terlalu berat. Penumpang juga dapat dianggap sebagai gangguan, karena itu jangan biarkan penumpang memecah konsentrasi pengemudi.

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Loading...

Best Artikel

Powered by Blogger.