Beberapa Fitur Kelengkapan Pelindung Mobil Disaat Hujan

Musim hujan masih berlangsung, meski kini mulai memasuki pancaroba. Tetaplah waspada dan periksalah fitur-fitur, apakah berfungsi dengan baik. Pasalnya, akan menjadi repot kala turun guyuran air yang lebat dari langit. Kenyamanan selama perjalanan terganggu lantaran ada peranti utama mendadak ngambek.

Misalnya jarak pandang ke depan dan belakang tidak tampak. Lalu, ruang kabin terasa amat dingin, dan masih banyak lagi. Sebetulnya, ada fitur-fitur yang bisa meringankan 'derita' selama hujan. Inilah beberapa di antaranya, mulai dari yang paling ringan sampai yang advanced.

ABS (Anti-lock Braking System), EBD dan BA
Peranti ini sudah populer di kalangan otomotif dan tersedia pada mobil-mobil berharga hingga Rp 150 jutaan. Perannya cukup besar saat hujan. Jadi, prosesnya, ketika sensor mendeteksi adanya gejala rem mengunci, sistem akan mengurangi tekanan rem sehingga roda dapat kembali berputar sembari terus menginjak pedal rem. (Fitur ini juga terdapat pada semua varian type Honda)

fitur pengeraman mobil honda
Beda jika mobil tidak dilengkapi ABS. Ketika pedal sudah diinjak, kinerja pengereman jadi tidak maksimal karena licinnya permukaan jalan; sekalipun roda sudah terkunci, mobil tetap nyelonong. Ini berbeda dengan ABS, jarak pengereman pada konsisi basah lebih pendek jika dibandingkan mobil tanpa ABS.

Defogger
Anda mungkin pernah mengalami kaca berembun saat hujan. Penyebabnya, temperatur di ruang kabin dan di luar berbeda. Akibatnya, pandangan pun terganggu.

Nah, pada mobil, terdapat rear defogger yang merupakan kawat pemanas. Letaknya di kaca belakang, dan fungsinya menguapkan embun. Pada mobil kelas premium, defogger juga terdapat di kaca spion, dan bila kaca sudah tidak berembun, jangan lupa mematikan rear defogger.
(Untuk fitur fasilitas Deffoger terdapat pada semua Type Varian Honda)

Wiper belakang
Derasnya hujan dan cipratan air kotor akibat turbulensi membuat kaca belakang mobil kotor. Untuk mobil hatchback, baik SUV maupun MPV sekarang ini memiliki penghapus kaca belakang. Sayangnya, fitur ini terkadang lupa digunakan lantaran dianggap sepele.
(Untuk fitur fasilitas Wiper Belakang terdapat pada semua Type Varian Honda)

Heater
Banyak mobil telah dilengkapi pemanas kabin. Fitur yang sejatinya diperuntukkan bagi mobil di negara empat musim kini bisa dipakai di Indonesia. Hanya, perhatikan jangan sampai kaca berembun.

Masih ada fitur berkenaan dengan suhu kabin, yakni climate control. Dengan mematok angka tertentu, sistem akan menyesuaikan heater maupun cooler sehingga kabin terasa hangat dan nyaman. (Untuk fitur fasilitas Heater terdapat pada semua Type Varian Honda)

Rear Foglamp
Saat hujan, lampu bukan saja sebagai penerang, tetapi pemberi isyarat buat kendaraan lain, baik dari arah berlawanan maupun dari belakang. Namun, saking lebatnya hujan membuat kondisi lampu, terutama belakang, jadi kurang terang.

Di sinilah rear foglamp berbicara. Sekalipun kecil, pencahayaannya cukup terang sehingga mobil di belakang bisa menjaga jarak aman. Ketika sudah tidak hujan, segera matikan karena, jika tidak, lampu tersebut akan menyilaukan pengendara di belakang.
(Untuk fitur fasilitas Rear Foglamp terdapat pada semua Type Varian Honda)

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Loading...

Best Artikel

Powered by Blogger.