Tips Merawat AC Mobil Agar Awet

Di kota-kota besar, keberadaan Ac mobil menjadi sangat penting. Di tengah cuaca yang panas dan berdebu, jika AC mobil bekerja sempurna, maka berkendara dengan mobil akan terasa nyaman dan aman. Berikut tips perawatan AC mobil sendiri: 

1. Jagalah kebersihan kabin dari debu dan kotoran. 
Terutama karpet 2 lembar yang di depan, karena akan tersedot ke dalam evaporator, sehingga terjadi jamur dan spora yang berbahaya untuk kesehatan, serta menimbulkan bau tidak enak saat pertama kali AC dihidupkan.

2. Semprotkan air pada Condensor AC
Saat mencuci mobil, buka kap mesinnya dan semprotkan air pada bagian Condensor AC (yang bentuknya mirip radiator dan biasanya terletak di depan radiator). Kotoran dan debu yang menempel bila dibiarkan akan mengeras dan menyebabkan keropos sehingga kondensor menjadi bocor.

3. Pilih tempat parkir yang teduh
Jika parkir untuk waktu yang cukup lama, pilih temapt yang teduh. Dimaksudkan untuk mengurangi lamanya proses pendinginan saat pengemudi masuk lagi ke mobil dan mengurangi beban pendinginan saat mobil berjalan.

4.Periksa Ekstra Fan (kipas)
Periksalah Ekstra Fan yang di depan kondensor, apakah hidup saat AC dihidupkan. Bila tidak, segera ganti, karena akan mengakibatkan compressor rusak atau selang high press bisa meledak.

5. Jangan merokok dalam AC
Asap rokok bisa mengotori evaporator dan menimbulkan bau tak sedap dan susah hilang.

6. Beban AC
Jangan memaksimalkan beban AC saat kendaraan melaju kencang dengan menurunkan temperaturnya.

7. Matikan AC sebelum menghidupkan mobil.
a. Sebelum menghidupkn mesin, matikan AC dahulu, sesudah mesin stabil baru hidupkan AC.
b. Matikan AC dahulu bila mau matikan mesin.

8. Jangan memakai pengharum mutu rendah
a. Pengharum mutu rendah akan menimbulkan bau dan susah dibersihkan.
b. Jangan memakai pengharum model colok ke grill, sebab sering terjadi patah.

9. Perhatikan gejalanya
Kalau ada gejala yang tidak biasa, seperti AC kurang dingin, lebih baik segera ke bengkel spesialis AC mobil. Agar tidak telanjur rusak yang mengakibatkan biaya yang tinggi.

10. Perawatan AC Rutin
Lakukan perawatan rutin AC. Sangat disarankan setahun sekali, yang perlu diganti Receiver Dryer, Oil Compressor, service Blower, Evaporator, kuras Condensor dan freon. Agar komponen AC tahan lama dan udara yang berhembus selalu segar.

(sumber : klipingku.com/)

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Loading...

Best Artikel

Powered by Blogger.